Wednesday 20 April 2016

JANE GOT A GUN (2016)

Jane Got A Gun direlease serentak di bioskop Indonesia hari Rabu ini, 20 April 2016. Film ini bergenre western-action dan bersetting tahun 1817 di kota New Mexico City, berkisah tentang seorang wanita yang karena karena suatu keadaan yang memaksa mesti berjuang demi keluarganya.

Adalah Jane Hammond (Natalie Portman) bersama sang suami Bill Hammond (Noah Emmerich) yang sedang membangun kehidupan baru dan telah menjauh dari jangkauan dan keterlibatan gangster John Bishop (Ewan McGregor). Namun, masa silam itu menemukan keberadaan mereka dan memburunya, sampai akhirnya si Jane harus turun tangan ketika sang suami terluka.

Sejak awal film sutradara Gavin O' Connor telah memberikan teka-teki kepada penonton tentang 'siapa Bill Hammond dan apa yang telah dilakukannya?'. Penjelasan teka-teki itu membawa penonton pada alur maju mundur dari tahun 1817 ke 1864 untuk memberi alasan logis kenapa gangster Bishop memburu keluarga Hammond. Meski bergenre sama, berbeda dengan The Hateful Eight (2015) yang mudah menumpahkan darah, JGAG terkesan lebih soft. Klimaks pertempuran baru di 25 menit terakhir film, walaupun di awal kita disajikan karakter Jane yang tidak segan-segan menghabisi lawan untuk membela diri.   

Sangat suka melihat penampilan Natalie Portman berbalut pakaian model akhir abad 19 yang panjang dan tertutup (jadi teringat film Brooklyn). Entah kenapa melihat wanita dengan busana panjang dan tertutup terkesan lebih sexy. Hmm...;). Namun, tak banyak yang ditawarkan pada scene panorama alam western, terkesan monoton dan suram. Berbeda misalnya ketika menikmati The Ravenant (2016) yang meski monoton bernuansa putih, namun terasa indah mengagumkan.  

Film ini menyiratkan sebuah kesetiaan dan ketegaran seorang wanita. Jangan kaget apa yang akan dilakukan seorang wanita untuk mempertahankan orang-orang yang dicintainya. Ketika disarankan untuk meninggalkan suami yang terluka - karena sebenarnya yang diburu adalah si suami, Jane membalas:

"...aku telah lelah berlari menghindar seumur hidupku, dan itu tidak menyelesaikan masalah. Harus aku hadapi untuk menyelesaikannya.."
   
Scene terakhir mengesankan. Ketika Jane menuju kota, menyobek poster-poster gangster untuk mengklaim hadiah, ia menyisakan satu poster. Gambar siapakah itu? 

Nah, sebelum menikmati tontonan cowboy western yang mulai ditayangkan hari ini, silakan dibaca-baca review-nya.

Sipp!

~elha score : 6/10      

No comments:

Post a Comment