Saturday 18 February 2017

SPLIT (2017)

"...kita menjadi seperti apa yang kita pikirkan..."

Menonton film ini mengingatkan pada film Room (2015) dan The 10 Cloverfield Lane (2016) (http://elha-filmreview.blogspot.co.id/2016/04/the-10-cloverfiled-lane-2016.html). Keduanya bertema tentang penyekapan dalam sebuah ruangan. Film yang berbudget $9 juta meraup box office $173,6 juta. Wow!

Adalah Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), seorang korban kekerasan anak semasa kecil, yang didiagnosa memiliki kepribadian ganda. Eitt!, bukan ganda, tapi 23 kepribadian dalam satu tubuh. Atas bisikan salah satu kepribadian, ia menculik 3 anak remaja sepulang mereka dari pesta dan menyekapnya dalam sebuah ruangan. Alih-alih melukai ketiga remaja tersebut, Kevin justru memberi perlakuan yang baik kepada mereka. Setelah beberapa kali berinteraksi, Casey (Anna Taylor-Joy), Marcia (Jessica Sula), Claire (Haley Lu Richardson) menyadari kalau mereka berhadapan dengan orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Suatu kali mereka berhadapan dengan Barry sang perancang busana, Dennis yang 'clean', Patricia - seorang perempuan, dan Hedwig yang berkarakter anak-anak.

Casey mencoba mendekati Hedwig yang lebih akrab untuk mencoba membantunya mencari jalan keluar. Kedua temannya yang berusaha kabur ketika kepribadian Kevin masih sebagai Dennis dan Jessica tertangkap kembali dan disekap di ruangan lain secara terpisah. Dari Hedwig Casey tahu kalau ada kepribadian ke-24 dalam diri Kevin yang akan segera muncul, The Beast. Ternyata, untuk tujuan kemunculan The Beast inilah mereka diculik dan disekap oleh Kevin atau Barry atau Dennis atau Patricia.

Akankah Casey dan teman-temannya lolos dari penyekapan? Hmm..agar tidak mengurangi nuansa thriller, jadi ditonton sendiri ya... Clue-nya adalah si Casey pun pernah mengalami kekerasan di masa kecil. Ini ada hubungannya.

Sutradara M. Night Shyamalan memberikan alur cerita yang bagus dan membuat penonton terasa dicekam sekaligus penuh kejutan ketika karakter Kevin yang berbeda-beda muncul. Beberapa kali ia memunculkan adegan masa kecil Casey yang seolah-olah tak berhungan dengan inti film dan membuat penonton menebak-nebak kaitannya. Ia pun muncul sebagai cameo sebagai petugas pemantau CCTV. James Mc Avoy bermain bagus dengan karakter-karakter yang berbeda-beda. Ia secara keseluruhan memberi warna film ini.

Film ini membawa pesan untuk memperlakukan orang-orang berkepribadian ganda sebagai teman dan bukan orang aneh. Namun itu tidak dinyatakan secara tegas di film ketika Dr. Karen Fletcher (Betty Buckley) sang psikiater berdialog dengan tetangganya yang mengungkapkan bahwa sang tetangga tidak mempercayai pasien-pasiennya. 


~ elha score: 7.5/10

No comments:

Post a Comment