Wednesday 14 September 2016

SULLY (2016)

Sebagian idenya mirip film Flight (2012) yang dibintangi Denzel Washington. Tapi itu kisah fiktif, sedangkan Sully (2016) berdasarkan kisah nyata Capt. Chesley 'Sully' Sullenberger.

Dikisahkan karena tubrukan dengan sekelompok besar burung, pesawat US Airways Flight 1549 mengalami mati pada kedua mesinnya. Pesawat yang hendak lepas landas dari LaGuardia Airport NewYork menuju Charlotte Internaional Airport terpaksa harus mendarat darurat. Setelah berkoordinasi dengan menara kontrol, Capt. Sully (Tom Hanks) dihadapkan pada beberapa pilihan: kembali ke LaGuardia atau mendarat di bandara Teterboro. Tapi, dia memilih mendaratkan pesawatnya di sungai Hudson dengan beberapa pertimbangan.

Keputusan ini berhasil. Ia mendaratkan pesawatnya tanpa insiden dan semua penumpang dan crew selamat. Aksi tolong-menolong diantara penumpang, crew pesawat, dan regu penyelamat terekam dengan baik. Mereka harus segera dievakuasi karena udara yang dingin pada saat itu.

Dibalik keberhasilannya dan disanjung sebagai pahlawan, Sully juga mengalamai depresi. Dia harus mempertanggungjawabkan keputusannya memilih alternatif mendaratkan pesawat di sungai - hal yang belum pernah dilakukan dengan aman dan selamat - ketimbang berbalik ke LaGuardia atau Teterboro. Tuduhannya adalah membahayakan/mempertaruhkan jiwa penumpang. Apalagi simulasi yang dilakukan oleh Komiet nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)-nya USA - dengan pertimbangan bahan bakar, jarak tempuh, ketinggian dan kondisi angin dan temperatur yang sama, menunjukkan bahawa pilihan kembali ke LaGuardia atau ke bandara Teterboro bisa dan lebih aman dilakukan.

Lalu bagaimana  nasib si Sully? Silakan ditonton dan dinikmati...

Film ini - seperti film Tom Hanks sebelumnya, Bridge of Spies (2015), lebih banyak mentitikberatkan pada kualitas dialog dan peran. Tom Hanks mampu melakukan keduanya dengan sangat baik, membuat penonton juga ikut mengalami rasa depresi dan ketegangan. Juga kelegaan dan kegembiraan. Jadi kalau lebih suka action, film ini bukan pilihan....:)


~ elha score : 8.5/10

No comments:

Post a Comment